Layanan Cath Lab

KATETERISASI JANTUNG


Layanan

CATHLAB DEWASA


Penanganan jantung pada orang dewasa, diantaranya PCI (pasang ring), Angiografi atau Diagnostik pemeriksaan pada pembuluh darah jantung.



Layanan

CATHLAB ANAK


Penanganan kelainan jantung bawaan pada anak (ASD/VSD) dan dapat melakukan diagnosis kelainan jantung pada anak.


About Us

KATETERISASI JANTUNG



Pengertian

CATH LAB ?


Layanan kateterisasi jantung (cath lab) di RS Al Islam Bandung adalah suatu pelayanan yang di lakukan di laboratorium kateterisasi jantung & angiografi untuk menentukan Diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan Intervensi Non Bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.



Pelayanan

TINDAKAN CATH LAB


Tindakan cath lab diantaranya adalah diagnostic penyakit jantung koroner, Stent/Pemasangan Cincin, TPM (pemasangan alat pacu jantung), tindakan untuk memperbaiki kelainan pada katup mitral dan kateterisasi jantung.



Indikasi Tindakan

INDIKASI CATH LAB


Ada beberapa indikasi untuk tindakan cath lab diantaranya kelainan jantung bawaan, kelainan jantung koroner, kelainan irama jantung, kelainan katup jantung, kelaianan pembuluh darah, hasil treadmill test positif, MCU dengan faktor resiko penyakit jantung dan evaluasi operasi bypass (CABG).



Tindakan yang tidak diperbolehkan

TIDAK BOLEH CATH LAB


Tindakan cath lab tidak boleh di lakukan pada ibu hamil (usia kehamilan < 3 bln), gagal jantung yang belum jelas penyebabnya, infeksi berat, alergi zat kontras hipersensitif, penyakit pembuluh darah otak < 1 bln, pendarahan pada saluran pencernaan dan perempuan sedang menstruasi.



Pemeriksaan

DIAGNOSTIK INVASIVE


Diagnostik invasive merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk memeriksa struktur anatomi serta fungsi jantung dan pembuluh darah termasuk ruang, otot, katup serta pembuluh darah jantung. Tindakannya antara lain Angiografi koroner (koronarografi), Angiografi arteri, vena dan aorta, dan ventrikulograf.



Pelayanan

TINDAKAN DIAGNOSTIK INVASIVE


Prosedur tersebut dilakukan oleh Dokter Spesialis Jantung Invasif (Intervensionist  Cardiologist) dengan menggunakan Alat Angiografi, dilakukan dengan cara memasukan kateter dengan diameter 1,5 -2,0 mm menuju jantung melalui tusukan arteri/vena. Dari hasil pemeriksaan diagnostik dapat di tentukan diagnostic penyakit jantung (penyakit jantung koroner)  & pembuluh darah secara tepat dan akurat sebagai acuan dokter dalam melakukan tindakan pengobatan selanjutnya.



Persiapan

SEBELUM TINDAKAN


Persiapannya anata lain Puasa makan 4-6 jam sebelum tindakan, kecuali obat-obatan, Cukur rambut area penusukan, Obat-obatan diminum kecuali obat diabetes mellitus ditunda, Untuk pasien dari rumah harus dirawat minimal 1 hari sebelum tindakan, Ukur berat badan dan tinggi badan, Pemeriksaan penunjang, dan Pengisian surat izin atau form tindakan.



Lakukan ini

SETELAH TINDAKAN


Lakukan ini setelah tindakan antara lain kaki area tindakan tidak boleh di tekuk selama 6-8 jam, Apabila tindakan dari lengan, 4 jam setelah tindakan tengan tidak boleh di tekuk atau untuk menggenggam, Tahan atau tekuk daerah pungsi atau tindakan saat batuk/bersin, dan Segera lapor bila ada keluhan.


Layanan lainnya

FASILITAS PELAYANAN


Pelayanan

RAWAT JALAN


RS Al Islam Bandung memiliki Klinik spesialis yang lengkap dan klinik sub spesialis, baik di klinik regular maupun di Klinik Raudhah.


Pelayanan

PENUNJANG MEDIS


RS Al Islam memiliki penunjang medis untuk membantu menegakan diagnosa dilengkapi peralatan teknologi terkini antara lain MSCT 160 slice, Endoscopy, Laboratorium untuk pemeriksaan COVID 19, Cathlab Jantung anak dan Dewasa.



Pelayanan MCU

MEDICAL CHECK UP


Terdapat beberapa paket MCU di RS Al Islam diantaranya Paket Paripurna, Standar, Jasmani Rohani, MCU Jantung dan lain-lain.


Layanan

KEMOTERAPI


RS Al Islam juga memiliki layanan kemoterapi yang berorientasi kepada keamanan Pasien baik untuk pasien anak maupun dewasa.


OUR PROCESS



WE CARE ABOUT YOU


Jika anda ingin konsultasi permasalah medis dapat menghubungi layanan konsultasi  RS Al Islam Bandung 0811204644 (melalui wa) senin sd jum’at pukul 08.00 sd 15.00, Untuk layanan customer care dapat menghubungi 081931316440 (melalui wa).




PELAYANAN RAWAT JALAN

Kami juga memiliki pelayanan Rawat Jalan untuk pasien BPJS, Umum atau Perusahaan. Klik Tombol “LIHAT RAWAT JALAN” untuk melihat fasilitas pelayanan rawat jalan.



LOGO-PUTIH-EDIT

About Us :
RS Al Islam Bandung adalah Rumah Sakit milik Yayasan RSI KSWI Jawa Barat yang mempunyai visi "Menjadi Rumah Sakit Yang Unggul, Terpercaya dan Islami dalam Pelayanan dan Pendidikan"

RS Al Islam Bandung
Jl. Soekarno Hatta No. 644
Tel. (022) 7565588
Email : cs@rsalislam.com

Sertifikat

Copyright by RS Al Islam Bandung 2021. All rights reserved.