PMKP

PENINGKATAN MUTU & KESELAMATAN PASIEN

Hasil

PENCAPAIAN MUTU TAHUN 2022 SEMESTER 1


Berikut ini beberapa Indikator yang akan kami publikasikan dengan kriteria ::

  • Data diambil dari rata-rata 1 semester
  • Tercapai sesuai standar
  • Ditampilkan dalam grafik batang sesuai dengan kelompok indikator


  • PMKP TAHUN 2019
  • PMKP TAHUN 2020
  • PMKP TAHUN 2021
  • PMKP TAHUN 2022 SEMESTER 1
PMKP TAHUN 2019
PMKP TAHUN 2020
PMKP TAHUN 2021
PMKP TAHUN 2022 SEMESTER 1

DAFTAR INDIKATOR MUTU SEMESTER 1 TAHUN 2022

Table by Visualizer

PENCAPAIAN INDIKATOR NASIONAL MUTU KEMENKES RS AL ISLAM BANDUNG
SEMESTER 1 TAHUN 2022

Chart by Visualizer

Analisa Pencapaian  Indikator Nasional  Mutu Kemenkes Rumah Sakit  Al Islam Bandung Semester 1 tahun 2022 :

Pencapaian  Indikator Nasional  Mutu Kemenkes RS Al Islam Bandung semester 1 tahun 2022 yaitu  kepuasan pasien, kecepatan  waktu tanggap komplain, kepatuhan terhadap alur CP,kepatuhan penggunaan fornas, kepatuhan waktu Visite Dokter, penundaan operasi elektif, waktu tunggu rawat jalan dan kepatuhan kebersihan tangan  sudah sesuai dengan standar yang ditentukan, hal ini menunjukkan  pasien  yang berobat ke RS Al Islam sudah merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh RS Al Islam Bandung. Untuk  Kecepatan waktu tanggap komplain pasien   baik komplain secara   lisan, tertulis,  atau media sosial  yang sudah diidentifkasi tingkat risiko dan dampak risiko dengan penetapan  grading/ dampak risiko  RS Al Islam sudah  responsif dalam memberikan tanggapan ketika ada pasien yang menyampaikan komplain. Dokter – Dokter RSAI sudah mengetahui Formularium Nasional  sehingga kepatuhannya sudah sesuai standar. Selain itu dokter- dokter di RSAI sudah mengetahui  waktu Visite yang ditentukan, dan  patuh terhadap jadwal praktek yang di tetapkan, pendaftaran rawat jalan, waktu tunggu pemeriksaan penunjang dan Farmasi sudah efektif dan efisien sehingga waktu tunggu di rawat  jalan sudah sesuai. Untuk operasi elektif sudah dilakukan persiapan yang baik dan terencana sehingga penundaan operasi elektif sudah sesuai standar. Untuk Kepatuhan  terhadap alur CP   Profesional Pemberi  Asuhan sudah melaksanakan  pelayanan sesuai alur Clinical Pathway, dan seluruh karyawan RSAI sudah melaksanakan   kebersihan  tangan yang dinilai dari 5 momen dan 6 langkah sesuai dengan Standar dari Komite Pengendalian dan Pencegahan Infeksi.


PENCAPAIAN INDIKATOR MUTU SYARIAH RS AL ISLAM BANDUNG
SEMESTER 1 TAHUN 2022

Chart by Visualizer

Analisa Pencapaian  Indikator Mutu  Syariah Rumah Sakit  Al Islam Bandung Semester 1 tahun 2022 :

Rumah Sakit Al Islam Bandung  merupakan salah satu Rumah Sakit yang sudah terakreditasi Syariah sejak tahun 2018, sehingga  dilakukan pengukuran Indikator mutu Syariah pada seluruh pelayannanya. Pencapaian  Indikator Mutu  Syariah Rumah Sakit  Al Islam Bandung, semester 1 tahun 2022 untuk  indikator mutu Wajib syariah yaitu Pasien sakaratul maut didampingi dengan talqin dan pemasangan DC sesuai gender, juga untuk Standar pelayananan Minimal syariah yaitu edukasi hijab untuk pasien, mandatory training untuk Fikih pasien, pemakaian hijab ibu menyusui, pemakaian hijab di kamar operasi, penjadwalan waktu operasi  elektif tidak terbentur waktu sholat dan penggunaan akad syariah dalam perjanjian di Rumah Sakit) sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh DSN ( Dewan Syariah Nasional), hal ini dikarenakan  RS Al Islam sudah menyediakan  asatidz – asatidz yang sudah terjadwal 24 jam untuk memenuhi  pasien sakaratul maut agar dapat didampingi dengan talqin dan memberikan edukasi hijab serta mandatory training untuk fikih pasien, tetapi untuk pendampingan talqin pada pasien sakaratul maut edukasi hijab dan mandatory training fikih  juga dapat dilakukan oleh dokter atau perawat yang sedang bertugas saat itu. Untuk pemasangan DC sesuai gender, RSAI sudah mengatur jadwal perawat sehingga setiap shift jaga selalu ada perawat laki-laki dan perempuan dan bila memungkinkan pasien pun dirawat oleh gender yang sama, demikian juga untuk penjadwalan operasi elektif, RSAI sudah mengatur jadwal operasi tidak terbentur waktu sholat, baik ketika akan mulai operasi ataupun durasi operasipun sudah diperhitungkan sehingga tidak melewati  waktu sholat.Untuk perjanjian di Rumah sakit  yang sudah menggunakan  akad Syariah  sudah sesuai standar, hal ini disebabkan bahwa  ketika akan  membuat perjanjian dengan rekanan,  RSAI melakukan pendekatan  kepada rekanan agar menggunakan akad sesuai syariah.

.

.


PENCAPAIAN INDIKATOR MUTU PRIORITAS RS AL ISLAM BANDUNG
SEMESTER 1 TAHUN 2022

Chart by Visualizer

Analisa Pencapaian  Indikator Mutu  Prioritas  Rumah Sakit  Al Islam Bandung Semester 1 tahun 2022 :

Pencapaian  Indikator Mutu  Prioritas  Rumah Sakit  Al Islam Bandung Semester 1 tahun 2022 untuk respon time Secsio sesaria kategori kuning,

Hijab ibu menyusui, angka pelaksanaan rawat gabung ibu dan bayi di ruang Nifas, angka pelaksanaan PMK dan bayi baru lahir yang tidak mendapatkan ASI eksklusif selama rawat inap sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan.Respon time seksio sesaria kategori kuning, RSAI sudah menjadwalkan DPJP khususnya dr SpOG untuk selalu stand by, bila sedang jadwal on call. Untuk hijab ibu menyusui, seluruh perawat   melakukan edukasi  hijab pada  ibu saat menyusui. Setiap bayi sehat  yang lahir di RSAI selalu di lakukan PMK dan dilakukan rawat gabung ibu dan bayi kecuali jika bayi atau ibunya yang tidak memungkinkan dirawat gabungkan atas indikasi medis, selain itu setiap bayi sehat yang lahir di RSAI selalu mendapatkan ASI eksklusif dengan memotivasi dan memberikan edukasi pada ibu yang baru melahirkan tentang pentingnya memberikan ASI Eksklusif.

.

.

.


PENINGKATAN MUTU


Pengertian

Keseluruhan upaya dan kegiatan yang komprehensif dan integratif yang menyangkut input, proses dan outcome secara objektif, sistematik dan berlanjut memantau dan menilai mutu manajemen  dan kewajaran pelayanan terhadap pasien, dan memecahkan masalah-masalah yang terungkapkan sehingga manajemen dan pelayanan yang diberikan berdaya guna dan berhasil guna.


Download Materi

Pelayanan RS Al Islam

FASILITAS PELAYANAN


Pelayanan

RAWAT JALAN


RS Al Islam Bandung memiliki Klinik spesialis yang lengkap dan klinik sub spesialis, baik di klinik regular maupun di Klinik Raudhah.


Pelayanan

PENUNJANG MEDIS


RS Al Islam memiliki penunjang medis untuk membantu menegakan diagnosa dilengkapi peralatan teknologi terkini antara lain MSCT 160 slice, Endoscopy, Laboratorium untuk pemeriksaan COVID 19, Cathlab Jantung anak dan Dewasa.



Pelayanan Terlengkap

KLINIK GIGI DAN MULUT


Klinik Gigi dan mulut dilengkapi  dengan klinik gigi spesialis diantaranya Bedah Mulut, Ortodonti, Pedodonti, Endodonti, Periodonti dan Prostodontik.


Dokter berpengalaman di Bidangnya

KATETERISASI JANTUNG


RS Al Islam memiliki layanan unggulan cathlab untuk menunjang tindakan intervensi jantung (pemasangan ring/stent) dan siap untuk melayani bila terjadi serangan jantung akut apabila memerlukan tindakan intervensi jantung segera.


LOGO-PUTIH-EDIT

About Us :
RS Al Islam Bandung adalah Rumah Sakit milik Yayasan RSI KSWI Jawa Barat yang mempunyai visi "Menjadi Rumah Sakit Yang Unggul, Terpercaya dan Islami dalam Pelayanan dan Pendidikan"

RS Al Islam Bandung
Jl. Soekarno Hatta No. 644
Tel. (022) 7565588
Email : cs@rsalislam.com

Sertifikat

Copyright by RS Al Islam Bandung 2021. All rights reserved.