Assalamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barokaatuh

Hari ini, 1 Agustus 2020, merupakan hari lahir (milad) RS Al Islam Bandung yang ke 30. Sebuah usia yang cukup matang untuk sebuah organisasi. Banyak dinamika, pasang surut yang terjadi dalam 30 tahun yang sudah kita lalui dan mengantarkan kita kepada kondisi kita saat ini.

Rasa syukur yang tidak terhingga kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas perlindungan yang selalu diberikan Nya kepada perahu yang dibangun oleh umat Islam untuk tegaknya Islam bernama Rumah Sakit Al Islam Bandung. Betapa kita merasakan Allah SWT senantiasa menjaga kita setiap saat dalam kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Hingga saat ini, dengan kuasa Nya, Rumah Sakit Al Islam Bandung telah menjadi rumah sakit yang mendapat kepercayaan masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Kepercayaan masyarakat ini merupakan energi besar bagi Rumah sakit Al Islam Bandung untuk dapat bertahan, belajar kemudian tumbuh dan besar sehingga memberikan kemanfaatan lebih besar bagi masyarakat dalam bidang kesehatan.

Penghormatan, penghargaan dan rasa terima kasih yang tidak terhingga selayaknya kita dedikasikan kepada para penggagas, pendiri, peletak asas, pengisi jalan maju dan berkembang nya Rumah Sakit Al Islam Bandung. Sungguh sangat sulit membangun sebuah gagasan menjadi wujud rumah sakit yang kemudian tumbuh perlahan, semakin lama semakin besar dan mampu bertahan dengan tetap menjaga amanah awal sebagai rumah sakit yang melayani umat dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Islam dalam segenap aspek pelayanan maupun pengelolaan. Segala jerih payah yang telah dicurahkan hanya layak dibalas oleh Allah SWT yang Maha Teliti memberikan balasan dari setiap helaan nafas, gerak langkah tangan dan kaki, pemikiran-pemikiran serta kecemasan dan kegundahan hati selama menjaga dan menumbuhkembangkan Rumah Sakit Al Islam hingga sekarang ini.

Masa 30 tahun telah meningkatkan saling pemahaman dan pengertian antara individu di dalam Rumah Sakit Al Islam Bandung sehingga membentuk soliditas dan solidaritas antara satu dengan lain sehingga mampu menghadapi masalah-masalah sulit yang terjadi yang merupakan dinamika organisasi baik disebabkan tantangan internal maupun eksternal. Soliditas dan solidaritas ini memang hanya Allah SWT saja yang mampu menumbuhkannya di hati-hati para insan yang tulus ikhlas berharap sebagian besar waktu yang dihabiskan di Rumah Sakit Al Islam Bandung menjadi amal terbaik yang dapat dipersembahkan kehadirat Nya kelak di hari akhir.

Saat ini, di masa pandemi melanda negeri ini, milad kita maknai sebagai suatu pendorong semangat kita untuk terus berkiprah memberikan amal terbaik bagi umat yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang Islami. Tidak lupa juga introspeksi ke dalam diri sudah sejauh mana arah dan tujuan yang telah ditetapkan sudah dicapai saat ini.

Doa dan harapan marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang Maha Rahman agar terus menjaga dan memelihara Rumah Sakit Al Islam Bandung sebagai sarana untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umumnya dan umat Islam khususnya. Semoga Allah SWT juga mengampuni kita atas segala kesalahan dan kekhilafan dalam perjalanan kita hingga saat ini dan tetap meneguhkan kita dalam cita-cita awal para pendiri yang mulia. Hanyalah Allah SWT dan Rasulnya menjadi saksi kelak di hari akhir nanti bahwa kita telah meletakkan amal-amal terbaik kita di hamparan sajadah bernama Rumah Sakit Al Islam Bandung.

Selamat kepada seluruh insan yang telah mengabdikan diri pada cita-cita suci di Rumah Sakit Al Islam Bandung ini. Hari ini sudah 30 tahun kita dapat menjaga eksistensi dan kita berharap usia Rumah Sakit Al Islam Bandung dapat lebih panjang lagi, agar hamparan sajadah ini menjadi kesempatan bagi lebih banyak insan untuk mengabdi kepada Ilahi melalui jalan ini.

Direktur RS Al Islam Bandung.

 

#staysave #rsai #milad #30thn

Leave a reply