REKANALISASI TUBA FALLOPII TERAPI INTERVENSI RADIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PELUANG KEHAMILAN

Hj. Ira Safitri, dr, Sp.Rad. (K), RI, M.Kes

(edisi 1)

              Staf Medis di Instalasi Radiologi: Konsultan Subspesialis Radiologi Intervensi

 

Do’a Nabi Zakaria saat memohon kepada sang kholiq untuk mendapat keturunan seperti hal nya tercantum dalam firman Allah dalam Al Qur’an surat Ali Imran (3):38

“ Disanalah Zakaria berdo’a kepada Tuhannya. Dia berkata “ Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi MU, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar do’a”

Setiap pasangan suami istri umumnya mendambakan memiliki anak sebagai penerus keluarga. Dengan demikian setiap pasangan yang menikah tentulah berusaha dan berikhtiar untuk mendapatkan keturunan.

Terlebih seorang istri tentunya menginginkan untuk merasakan bahagianya menjadi seorang ibu yang mengandung dan melahirkan anak-anaknya, akan tetapi terkadang keinginan ini belum dapat terlaksana salah satunya karena kondisi infertilitas atau kemandulan yang biasa terjadi baik pada suami ataupun istri.

Pada wanita infertilitas dapat disebabkan oleh beragam kondisi, salah satunya yang cukup sering terjadi adalah akibat tersumbatnya saluran telur atau dalam istilah medis obstruksi di saluran tuba fallopii. Wanita memiliki 2 saluran telur di kiri dan di kanan, jika terjadi sumbatan di kedua saluran tersebut maka akan mengakibatkan tidak bertemunya sel telur dan sperma sehingga tidak terjadi pembuahan ataupun kehamilan.

Saat ini terdapat beberapa metode untuk mengatasi masalah infertilitas pada wanita, yang sudah dikenal misalnya bayi tabung atau istilah medisnya in vitro fertilization (IVF) tindakan ini  membutuhkan biaya yang cukup besar.

Metode lain dengan biaya lebih ringan dan relative baru di Indonesia, tapi sudah cukup lama dikenal di negara maju seperti Amerika atau Eropa adalah dengan Rekanalisasi Tuba Fallopii            (RTF).

Rekanalisasi Tuba Fallopii adalah tindakan radiologi intervensi menggunakan teknik kateterisasi dengan menggunakan selang kecil/mikrokateter atau kateter tambahan melalui vagina ke dalam rahim dan diteruskan ke saluran telur untuk membuka sumbatan di saluran telur tersebut sehingga nantinya sel telur dan sperma dapat bertemu sehingga terjadi pembuahan. Metode ini dilakukan diruang khusus disebut cathlab (catheterization laboratory) dengan bantuan alat DSA (digital substract angiografi) yang dapat memperlihatkan kondisi rahim dan saluran telur selama proses rekanalisasi/membuka sumbatan berlangsung.

Keunggulan RTF antara lain adalah jika saluran tuba yang tersumbat dapat terbuka, sehingga dapat terjadi pembuahan, maka kehamilan pada ibu tersebut dapat terjadi secara alami, dan untuk kehamilan berikutnya pun dapat terjadi secara normal.

RS Al Islam Bandung kini telah memiliki pelayanan khusus/poli intervensi radiologi untuk membantu para ibu yang mengalami kemandulan/infertilitas karena sumbatan di saluran telurnya. Uniknya di RSAI, metode ini ditangani oleh tim medis yang seluruhnya adalah wanita, sehingga membuat pasien dan juga pasangannya merasa nyaman, mengingat proses ini melibatkan organ genitalia wanita.  Literatur dan pengalaman di RSAI angka keberhasilan metode ini cukup tinggi sekitar 70-80% tindakan RTF dapat membuka sumbatan pada saluran telur.

Dari ikhtiar yang dilakukan dengan tindakan medis tentunya tidak terlepas dari ketentuan takdir Allah SWT, sehingga pasien-pasien yang datang ke Rumah Sakit Al Islam Bandung selain dilakukan tindakan tersebut kami pun memotivasi nya agar selain ikhtiar secara medis pasien-pasien pun / pasangan suami istri diharapkan selalu berdzikir dan berdo’a memohon kepada Allah SWT seperti hal nya nabi Zakaria memohon keturunan kepada Allah SWT, yang telah disampaikan pada awal tulisan ini. Sehingga pasangan suami istri semangat dengan melakukan tindakan medis ini dan berpasrah tentang hasil kepada sang kholiq pencipta dan pemelihara setiap kehidupan.

Jika Bapak/ Ibu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pemeriksaan dan tindakan REKANALISASI TUBA FALLOPII bisa diakses ke nomor telp (022)7565588 ext. 602 (Instalasi Radiologi).

Semoga tulisan ini bermanfaat Rumah Sakit Al Islam Bandung Sahabat Anda Menuju Sehat Bermanfaat. Aamiin.

 

Leave a reply