logo
  • Informasi
    (022)7510583–88 Ext. 705
  • Kota Bandung, 40286
    Jl. Soekarno Hatta No. 644

Pelayanan Gizi RS Al Islam Bandung

 

Pelayanan Gizi di RS Al Islam Bandung

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 168)

Instalasi Gizi

merupakan salah satu unit penunjang medis yang memberikan pelayanan gizi untuk membantu proses penyembuhan pasien di rumah sakit. Pelayanan gizi rumah sakit adalah suatu rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan menu sampai pendistribusian makanan kepada pasien yang disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan keadaan klinis, status gizi dan status metabolisme tubuh pasien. Kegiatan pelayanan gizi rumah sakit meliputi pelayanan penyelenggaraan makanan, asuhan gizi rawat inap, asuhan gizi rawat jalan, serta penelitian dan pengembangan gizi terapan.

 

Penyediaan Makanan Diet, Non Diet dan Menu Pilihan

Penyediaan makanan yang di lakukan oleh Instalasi Gizi sebagai upaya kuratif bagi pasien di rawat inap, UGD, dan Hemodialisa dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kondisi pasien, baik bentuk/konsistensi makanan, jenis diet, jumlah porsi, jam makan, rute makan, frekuensi pemberian, jenis makanan, dan kelas perawatan.

Menu diet diberikan pada pasien yang membutuhkan diet khusus sesuai dengan jadwal menu yang sudah ditetapkan. Bentuk makanan diberikan sesuai kondisi pasien dan diet yang diberikan, baik berupa makanan biasa, makanan lunak (tim/bubur nasi), makanan saring ataupun makanan cair. Contoh menu diet yang disediakan oleh Instalasi Gizi RSAI diantaranya menu diet rendah garam, diet jantung, diet DM dan masih banyak lagi menu diet yang disesuaikan dengan kondisi pasien.

Menu non diet diberikan pada pasien yang tidak memerlukan diet khusus. Bentuk makanan diberikan dalam bentuk makanan biasa (nasi) dengan jadwal makan yang sudah ditentukan.

Menu pilihan adalah menu makanan selain menu diet/non diet, diberikan sesuai dengan diet yang telah ditetapkan. Contoh menu pilihan yang disediakan oleh Instalasi Gizi RSAI diantaranya bihun kuah, siomay kuah, bubur ayam, chees sandwich, beef burger, chicken Maryland, spaghety bolognaise, dan masih banyak lagi.

 

Pelayanan Asuhan Gizi

 

Kunjungan dan Edukasi Pasien

Kunjungan dan edukasi gizi dilakukan oleh Ahli Gizi ruangan setiap hari bagi pasien baru di rawat inap untuk mengetahui riwayat makanan sebelum masuk rumah sakit, alergi makanan, status gizi awal masuk rumah sakit yang bertujuan untuk mengetahui potensi resiko pasien yang bermasalah gizi atau tidak, serta menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan / penyesuaian diet pasien. 

Konsultasi Gizi

Menyediakan konsultasi gizi bagi pasien dewasa/anak yang bermasalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, diabetes mellitus, obesitas, overweight, malnutrisi, gangguan jantung, stroke, asam urat, gangguan saluran cerna, penyakit ginjal, anemia, pre/post operasi, penyakit hati, osteoporosis, autis, kanker, hipertensi, dan lain-lain.

Konsultasi gizi diberikan bagi pasien rawat inap dan rawat jalan untuk menginformasikan jumlah makanan (termasuk jumlah kalori, protein, lemak, karbohidrat, natrium, kolesterol, kalium, purin, dan lain-lain, serta ukuran rumah tangga bahan makanan), jenis bahan makanan,/ makanan yang boleh/tidak boleh dimakan, jam makan yang disesuaikan kondisi pasien serta cara pengolahan dan variasi menu.

  • Konsultasi gizi pasien rawat inap dapat dilakukan oleh Ahli Gizi setiap hari pada jam dinas
  • Konsultasi Gizi Pasien rawat Jalan dilakukan oleh Ahli Gizi pada hari senin-sabtu pada jam dinas
  • Pelayanan Konsultasi Gizi baik rawat inap maupun rawat jalan diberikan dengan tarif khusus

Penyuluhan Gizi

Penyuluhan Gizi dilakukan sebagai upaya preventif dan promotif bagi pasien, penunggu, pengunjung, karyawan dan masyarakat di sekitar RSAI untuk menambah pengetahuan dan membantu mengubah perilaku yang kurang baik menjadi perilaku yang sehat. Penyuluhan Gizi dilakukan oleh tenaga professional di bidangnya baik ahli gizi, ahli boga, koki, ataupun penyaji makanan.

 

Informasi Lainnya

  • Penyajian makanan/minuman diet disesuaikan dengan kelas perawatannya
  • Kami menyediakan pelayanan air minum panas di setiap lantai perawatan (kecuali ruang VIP dan VVIP) pada jam 08.00 dan 17.00 WIB
  • Bagi pasien VIP atau VVIP dapat memesan menu pilihan sesuai diet yang diberikan, menu pilihan dapat dipesan satu hari sebelumnya melalui petugas penyaji
  • Bagi pasien vegetarian/aleri makanan tertentu, menu dapat disesuaikan dengan kondisi paien atas sepengetahuan dokter atau ahli gizi
  • Bagi pasien bayi dengan ASI Eksklusif, makanan diberikan bagi Ibunya
  • Pasien tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan/minuman selain yang disajikan dari rumah sakit
  • Alat makan/minum diperuntukkan bagi pasien yang sedang di rawat inap dan tidak diperkenankan dipinjam oleh penunggu/pengunjung pasien
  • Bila ada informasi yang kurang jelas, silakan hubungi kami melalui petugas penyaji makanan atau ahli gizi di ruangan.

Layanan Unggulan

  • MCU

    Untuk mempertahankan dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat, maka diperlukan upaya pencegahan terhadap penyakit salah satunya melakukan check up atau pemeriksaan secara rutin. Untuk Informasi Hub. (022) 7510583–88 Eks. 3471-3350.

  • MSCT 160 SLICES

    RS Al-Islam Bandung mempunyai pelayanan MSCT generasi mutakhir yaitu alat pemeriksaan yang tidak invasif dan sangat bermanfaat dalam mendiagnosis struktur anatomi jantung dan arteri koronaria serta berbagai pemeriksaan non cardiac lainnya.

  • Poliklinik Eksekutif

    Kami memahami kebutuhan anda dan akan memberikan jawaban atas permasalahan dan kami akan berikan layanan yang terbaik bagi anda mulai dari pendaftaran, pelayanan sampai pengambilan obat kami layani dalam 1 tempat (one stop service).

  • Hasil Survey 2016

    RS Al Islam sudah memiliki tujuan yang jelas terhadap konsumennya, sesuai misi kami yang ke 4, tentu saja misi kepuasan konsumen harus terus menerus di capai, maka dari itu kami melakukan survey kepuasan pelanggan.

  • Paviliun Nuurush Shaalihaat

    Guna meningkatkan Kepercayaan dan kepuasan palanggan, RSAI membangun gedung baru yang diperuntukkan pasien-pasien yang membutuhkan privasi dalam pelayanan kesehatan baik rawat jalan maupun rawat inap.

  • RSAI Terakreditasi Paripurna

    Rumah Sakit Al Islam Bandung (RSAI) sangat bersyukur dan berbangga hati. Komite akreditasi rumah sakit pada tahun 2016 lalu, telah merilis hasil akreditasi RSAI berdasarkan surat keputusan tertanggal 29 Juli 2016, RSAI dinyatakan terkareditasi tingkat PARIPURNA.

Testimoni

Ramah..dokternya ada as per schedule..sebagai non muslim saya salut dgn rs ini dan saya rasa al islam terbaik di bandung..

— Roberto S (Review Google Maps)

Klinik Eksekutif

Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku.

— QS : As-Syu’araa: 80

Leave a reply

CANCEL REPLY