logo
  • Informasi
    (022)7510583–88 Ext. 705
  • Kota Bandung, 40286
    Jl. Soekarno Hatta No. 644

Selamat Datang di Pelayanan Cuci Darah RS Al Islam Bandung

Pelayanan Hemodialisa di RS Al Islam Bandung saat ini memiliki 31 Bed. Jadwal Operasional Pelayanan Senin – Sabtu, terbagi menjadi 2 shift, yaitu shift pagi dari pukul 06:30 – 12:00 dan shift siang mulai pukul 13:00 – selesai. Alat yang digunakan memakai alat pencuci darah yang berteknologi tinggi.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi No. Tlp : 022-7510583-88 Ekt. 828/829

Our Motto

Menjadi layanan haemodialisa yang unggul, terpercaya dan islami baik dalam pelayanan dan pendidikan.

Apa itu Ginjal ?

Ginjal dalam tubuh kita ada sepasang, kanan dan kiri yang berbentuk seperti kacang yang terletak di tulang belakang. Besarnya seperti ukuran kepalan tangan. Ginjal merupakan organ utama yang bertanggungjawab menyaring zat-zat buangan yang dibawa darah agar tetap bersih, dan membuang sampah metabolisme tersebut agar sel-sel tubuh tidak menjadi lemah akibat keracunan. Zat-zat tersebut berasal dari proses normal pengolahan makanan yang dikonsumsi dan dari pemecahan jaringan oto setelah melakukan suatu kegiatan fisik. Selain itu ginjal berfungsi mengatur keseimbangan air dan elektrolit didalam tubuh, mensintesadan degradasi dari beberapa hormon, mengaktifkan Vit D yang berperan untuk merangsang penyerapan calcium dalam usus, mengatur keseimbangan tekanan darah dan menghasilkan hormon eritoprotein yang membantu pembentukan sel darah merah.

Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronik adalah gangguan fungsi ginjal yang bersifat progresif (cepat memburuk) dan ireversibel (belum bisa di sembuhkan). Jika penurunan fungsi ginjal berlangsung terus-menerus sehingga akan mencapai fase gagal ginjal terminal (GGT) dan pada tahap ini ginjal tidak mampu mempertahankan homeostasis/keseimbangan tubuh. pada fase GGT fungsi ginjal sudah menurun dibawah 15% sehingga tubuh tidak sanggup lagi mengeluarkan zat-zat racun yang tidak berguna bagi tubuh.

Penyebab dan gejala

Penyebab utama penyakit diabetes (50%), hipertensi (27%), glomerulonefritis/peradangan ginjal (13%) dan lain-lain (10%).

Gejala yang sering muncul biasanya seperti :

  • tidak nafsu makan,
  • mual,
  • muntah,
  • mulut bau pesing,
  • pusing,
  • sakit kepala,
  • sesak,
  • batuh berbuih sampai berdarah,
  • penurunan kesadaran sampai muncul kejang

Akibat dari penurunan fungsi ginjal zat-zat racun akan menumpuk di dalam darah, peningkatan kadar potasium meningkat dan sangat berbahayapada jantung, penurunan kadar kalsium darah mengakibatkan tulang mudah patah, gangguan metabolisme protein, karbohidrat dan lemak, anemia, sehingga meningkatkan resiko kesakitan dan kematian.

Cuci Darah/Hemodialisa

Seseorang yang menderita gangguan ginjal membutuhkan terapi pengganti fungsi ginjal untuk mempertahankan hidup, salah satunya adalah cuci darah/hemodialisa. Tindakan hemodialisa ini akan dilakukan terus-menerus (rutin) pada orang yang menderita penyakit ginjal kronik yang sudah mencapai fase gagal ginjal terminal/GGT (fungsi ginjal kurang dari 15%).

Hemodialisa adalah pengobatan/terapi pengganti fungsi ginjal yang rusak dengan jalan membersihkan darah dari zat-zat racun sisa pembakaran tubuh dengan menggunakan mesin cuci darah, dimana darah ayang mengandung zat racun akan dikeluarkan dan darah yang bersih kembali ke dalam tubuh. Cuci darah biasanya dilakukan di rumah sakit. Tindakan cuci darah dilakukan 2-3 kali/minggu lamanya 4-5 jam. Seseorang dengan hemodialisa rutin bisa hidup normal sampai waktu cuci darah berikutnya tiba.

Dokter Hemodialisa

Layanan Unggulan

  • MCU

    Untuk mempertahankan dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat, maka diperlukan upaya pencegahan terhadap penyakit salah satunya melakukan check up atau pemeriksaan secara rutin. Untuk Informasi Hub. (022) 7510583–88 Eks. 3471-3350.

  • MSCT 160 SLICES

    RS Al-Islam Bandung mempunyai pelayanan MSCT generasi mutakhir yaitu alat pemeriksaan yang tidak invasif dan sangat bermanfaat dalam mendiagnosis struktur anatomi jantung dan arteri koronaria serta berbagai pemeriksaan non cardiac lainnya.

  • Poliklinik Eksekutif

    Kami memahami kebutuhan anda dan akan memberikan jawaban atas permasalahan dan kami akan berikan layanan yang terbaik bagi anda mulai dari pendaftaran, pelayanan sampai pengambilan obat kami layani dalam 1 tempat (one stop service).

  • Hasil Survey 2016

    RS Al Islam sudah memiliki tujuan yang jelas terhadap konsumennya, sesuai misi kami yang ke 4, tentu saja misi kepuasan konsumen harus terus menerus di capai, maka dari itu kami melakukan survey kepuasan pelanggan.

  • Paviliun Nuurush Shaalihaat

    Guna meningkatkan Kepercayaan dan kepuasan palanggan, RSAI membangun gedung baru yang diperuntukkan pasien-pasien yang membutuhkan privasi dalam pelayanan kesehatan baik rawat jalan maupun rawat inap.

  • RSAI Terakreditasi Paripurna

    Rumah Sakit Al Islam Bandung (RSAI) sangat bersyukur dan berbangga hati. Komite akreditasi rumah sakit pada tahun 2016 lalu, telah merilis hasil akreditasi RSAI berdasarkan surat keputusan tertanggal 29 Juli 2016, RSAI dinyatakan terkareditasi tingkat PARIPURNA.

Testimoni

Ramah..dokternya ada as per schedule..sebagai non muslim saya salut dgn rs ini dan saya rasa al islam terbaik di bandung..

— Roberto S (Review Google Maps)

Klinik Eksekutif

Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku.

— QS : As-Syu’araa: 80
  • My husband is a dialysis patient. We intend visiting Bandung in December 2018 and he needs to come for at least 2 sessions. Can you let me know if your clinic accepts holiday patients. MY email address is shazaray58@gmail.com. We are from Cape Town, South Africa.
    Teremah Kasih. Fatima Isaacs

    Reply
    • Assalamu’alaikum..

      Dear Mrs. Fatima..

      In order to have dialysis in our hospital, your husband have to had a screening from our internist doctor. After the exam, doctor will make the dialysis schedule. Your husband have to bring a letter of introduction from the hospital he’d been dialysis in your country.
      for further question, you can call the head of dialysis department Mr. Alamsyah, the cell number +62 822 1875 0809.

      We’re waiting for your further information.

      Your Sincerely,
      Al Islam Hospital Website Admin

      Reply

Leave a reply

CANCEL REPLY